Aturan, Tata Cara Dan Niat Mandi Wajib

Nicholas   April 25, 2018   Comments Off on Aturan, Tata Cara Dan Niat Mandi Wajib

Suci dari hadast besar dan hadast kecil adalah salah satu syarat sah shaolat. Sholat merupakan ibadah wajib bagi umat muslim setiap 5 waktu. Hadast kecil bisa disucikan dengan cara berwudu. Namun, apakah hadast besar dapat disucikan dengan cara berwudu pula? Tentu tidak. Hadast besar dapat disucikan dengan cara mandi wajib atau mandi junub. Niat mandi wajib harus dilakukan dalam hati saat melakukan mandi. Tidak sembarang mandi, mandi wajib memiliki tata cara serta aturan tersendiri.

Tata Cara Niat Mandi Wajib

Mandi wajib atau mandi junub harus dilakukan dengan baik dan benar. Ada aturan tersendiri mengenai mandi wajib. Bagi umat muslim sebaiknya mengetahui cara-cara ini agar mandi yang dilakukan tidak sia-sia. Niat mandi wajib harus didahulukan. Semua itu harus dengan niat.

Tata cara niatnya adalah apabila Anda telah selesai suatu aktivitas atau hajat, lekaslah mandi wajib. Tujuannya agar Anda tidak meninggalkan sholat fardu ataupun setidaknya mengusahakan agar sholat Anda sah. Niat diucapkan cukup di dalam hati saja. tidak perlu mengeraskan suara. Allah Maha Mengetahui dan Maha Mendengar.

Jadi cukup di alam hati saja, Allah sudah tahu niat Anda. Mulailah dengan membasuh kedua telapak tangan lalu berwudu. Basuh kemaluan Anda dengan air bersih. Kemudian menyiramkan air mulai dari ujung kepala diiringi membaca basmalah dan juga niatnya. Usahakan rambut Anda terbasahi semua oleh aliran air.

Basahi tubuh Anda dengan siraman air dan dahulukan menyiram tubuh bagian kanan disusul bagian kiri. Usahakan seluruh tubuh basah dengan air dan Anda bisa menggunakan tangan untuk membantu menjangkau bagian tubuh yang terselip.

Orang Yang Wajib Mandi

Orang yang menyandang hadast besar sebaiknya lekas mandi. Berikut ini orang-orang yang diharuskan mandi wajib yaitu:

  • Orang yang wafat
  • Suami istri selepas berhubungan badan
  • Wanita selepas melahirkan
  • Wanita yang telah usai masa haid dan nifas.
  • Mualaf

Demikian beberapa tata cara niat mandi wajib yang perlu Anda perhatikan. Tentunya Anda wajib memahaminya agar bisa mengajarkan kepada yang lebih muda.

Related posts: