Belajar Tentang Cargo Udara

Alabama   February 10, 2018   Comments Off on Belajar Tentang Cargo Udara

Melakukan pengiriman barang melalui udara memang salah satu cara mudah yang bisa kita lakukan. Tetapi sebenarnya pengiriman melalui udara memiliki langkah-langkah ribet yang harus kita lakukan demi keamanan barang kita. bahkan barang-barang yang hendak kita kirim juga dipisah sesuai dengan jenisnya. Apakah barang tersebut barang berbahaya atau tidak. Apalagi, pengiriman cargo Jakarta via udara dilakukan dengan pesawat penumpang. Biasanya memang menggunakan pesawat yang sudah tidak digunakan lagi tetapi terkadang menggunakan yang masih dipakai. Tergantung pesawat apa yang saat itu sedang tidak digunakan untuk mengangkut penumpang.

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Cargo Udara

Dikarenakan menggunakan pesawat yang bukan khusus untuk mengangkut barang, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh konsumen yang hendak menggunakan udara untuk mengirim barang-barangnya. Berikut ini beberapa hal yang harus di perhatikan:

  • Berat Kargo

Ketika hendak mengirim barang melalui udara, berat memang menjadi masalah yang paling penting. Berikut ini ada dua metode yang bisa dilakukan untuk menghitung berat kargo:

  1. Dari volume barang

Barang yang terlihat besar tetapi memiliki berat yang terbilang ringan biasanya akan dihitung berdasarkan rumus: (panjang x lebar x tinggi)/ 6000 = volume.

  1. Berdasarkan berat asli

Berat barang akan dilihat dari hasil yang tertera pada timbangan.

Hasil dari kedua metode tersebut akan dibandingkan dan diperhitungkan mana yang memiliki berat paling besar.

  • Mengisi Airwaybill

Airwaybill atau biasa disebut sebagai STTP (surat tanda terima pengiriman). Surat ini biasanya diisikan oleh pihak kurir cargo Jakarta dengan lengkap dan juga jelas. Sebelum STTP ini dibawa bersamaan dengan barang yang hendak dikirim (shipment), STTP harus dilengkapi oleh tanda tangan pengirim (shipper). Anda sebagai shipper akan mendapatkan lampiran sebagai tanda bukti pengiriman.

  • Kemasan

Kemasan pada cargo udara biasanya dikenal sebagai ULD (unit load device) atau bisa disebut juga peti kargo. Peti kargo ini tidak sembarangan didesain begitu saja. Karena peti dipresisikan sesuai dengan ruangan cargo Jakarta. Peti ini juga memiliki dua jenis yang berbeda, ada yang menggunakan net atau jaring, ada yang terbuat dari aluminium dan palet yang terbuka. Serta peti dilengkapi dengan kode-kode agar memudahkan prosesnya.