Berbagai Cara Memangkas Pelepah Kelapa Sawit

Nicholas   May 22, 2018   Comments Off on Berbagai Cara Memangkas Pelepah Kelapa Sawit

Proses menanam, memelihara, kemudian memanen kelapa sawit memang bukan proses yang mudah. Namun usaha ini tetap saja banyak dilirik oleh para pengusaha karena keuntungan yang didapatkan bisa 3 kali lipat. Hal ini juga yang menjadi alasan bagi Arif Rachmat sawit. Salah satu proses dari menanam kelapa sawit adalah pemangkasan.

Proses Pemangkasan.

Pemangkasan sendiri bertujuan agar produktivitas tanaman semakin meningkat. Pelepah kelapa sawit memiliki peran utama dalam menentukan banyak atau sedikit buah kelapa sawit yang akan dihasilkan. Oleh karena itu, proses pemangkasan pelepah kelapa sawit memerlukan beberapa tahap agar dapat menghasilkan buah yang bermutu tinggi.

Pemangkasan Sanitasi

Pada usia sekitar 17 hingga 19 bulan, pohon kelapa sawit mulai dapat dilakukan proses pembersihan di bagian pelepahnya. Pelepah-pelepah kelapa sawit yang sudah mulai kering akan dibersihkan satu persatu. Menurut Arif Rachmat sawit, jika pelepah-pelepah kering tersebut tidak dibuang maka akan mengganggu pelepah lain yang masih segar.

Pemangkasan Tahap Pertama

Pada proses pemangkasan tahap pertama ini, pelepah-pelepah yang terletak di bawah tandan buah sawit akan dibuang satu persatu. Dengan membuang pelepah yang ada di bawah tandan buah sawit maka pertumbuhan buah akan menjadi lebih maksimal. Sebab, keberadaan pelepah-pelepah tersebut akan menghambat pertumbuhan buah. Setelah pemangkasan tahap pertama ini dilakukan, Anda tidak perlu lagi melakukan pemangkasan hingga pohon berusia empat tahun.

Pemangkasan Tahap Kedua

Pemangkasan tahap kedua ini dilakukan pada saat pohon kelapa sawit telah berusia empat tahun. Pada usia ini , maka pelepah-pelepah yang ada di pohon tersebut sudah semakin banyak. Akibatnya, jika pelepah-pelepah tersebut tidak dibuang akan membuat perkembangan buah kelapa sawit menjadi kurang optimal. Apabila pohon tersebut memiliki pelepah berjumlah 48 lingkar, maka buanglah 4 lingkar.

Pemangkasan Tahap Ketiga

Pemangkasan tahap selanjutnya adalah saat pohon kelapa sawit berusia 5 hingga 7 tahun. Pada usia ini usahakan agar pohon kelapa sawit tetap memiliki pelepah 40 hingga 60 buah. Menurut Arif Rachmat sawit, selanjutnya pemangkasan bisa dilakukan saat pohon berusia 8 hingga 10 tahun.

Related posts: