Bukti Transaksi Yang Harus Diketahui Selain Kwitansi

Nicholas   February 18, 2018   Comments Off on Bukti Transaksi Yang Harus Diketahui Selain Kwitansi

Bagi sebagian orang awam, sebuah bukti transaksi jual beli yang paling sering dikenal adalah hanya kwitansi. Padahal, selain itu juga masih ada beberapa jenis bukti transaksi lain yang harus Anda ketahui agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, mereka adalah faktur, invoice, dan bon. Masing-masing bukti transaksi tersebut memiliki perbedaan yang dapat dilihat dengan jelas jika Anda mengetahuinya.

Beberapa kasus ada yang menunjukkan ketidakpastiannya dalam memberikan sebuah tanda bukti pembayaran yang seharusnya ada. Sebagai contoh, seorang pedagang di pasar memberikan bon kepada pembelinya dengan sebuah kertas seadanya. Biasanya ada yang hanya menggunakan kertas bekas kardus rokok, dan tidak jarang si penjual tidak mencatat atau mendokumentasikan transaksi yang telah ia lakukan dengan pelanggan.

Bijaklah Dalam Bertransaksi

Untuk itu, Anda paling tidak harus tahu perbedaan dari berbagai macam bukti transaksi yang ada pada kegiatan perdagangan atau jual beli selain kwitansi. Hal ini tidak hanya digunakan pada jual beli yang bersifat barang, akan tetapi jual beli yang bersifat jasa pun harus ada tanda buktinya.

  1. Faktur

Faktur adalah sebuah dokumen yang digunakan sebagai bukti pembayaran secara kredit yang dibuat oleh penjual dan diberikan kepada pembeli. Letak perbedaan yang sangat jelas adalah jenis pembayarannya dilakukan dengan cara kredit atau cicilan. Faktur terdiri dari 3 rangkap, yaitu Salinan pertama menggunakan kertas putih yang diberikan kepada pembeli, Salinan kedua yang disimpan oleh penjual sebagai alat penagihan, dan Salinan ketiga disimpan dalam buku daftar faktur.

  1. Invoice

Bukti transaksi satu ini adalah sebuah bukti atas pembelian sejumlah barang secara tunai oleh penjual kepada pembeli. Biasanya invoice dibuat karena jumlah nominal yang dijadikan transaksi dalam jumlah besar, serta pembelian item yang lebih dari satu. Alat ini dibuat 2 rangkap, lembar bukti pertama diperuntukkan untuk pembeli, lalu yang kedua untuk penjual.

  1. Bon

Bon ini adalah sebuah surat dokumen kecil yang berisi keterangan pengambilan sebuah barang, pinjaman uang, dan lain sebagainya. Bukti pembayaran ini sudah sedikit jarang digunakan oleh instansi-instansi karena kurang kuatnya legalitas yang ada pada bon. Biasanya alat ini digunakan oleh penjual HP sebagai pengganti kwitansi untuk pengambilan barang service atau pembelian unit telepon seluler.

Related posts: