Ingin Mendaftarkan Merek Produk? Ini Syaratnya

Nicholas   January 21, 2018   Comments Off on Ingin Mendaftarkan Merek Produk? Ini Syaratnya

Bagaimana caranya agar produk usaha Anda dikenal publik? Ya, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah memiliki nama dagang alias merek. Sebuah merek menjadi identitas produk apa yang Anda jual, baik yang berupa barang maupun jasa. Untuk mendapatkan sertifikasi, maka Anda harus melakukan pendaftaran merek yang dapat dilakukan melalui Dirjen HKI di Jakarta. Lantas apa saja syarat yang harus dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran tersebut? Ternyata cukup mudah lho. Berikut ulasannya.

Inilah Syarat Penting Mendaftarkan Produk Anda

Mendaftarkan nama merek produk usaha yang dimiliki merupakan hal yang hendaknya dilakukan oleh setiap pengusaha, baik yang memiliki usaha mikro, kecil, menengah, hingga perusahaan besar sekalipun. Tujuannya tidak lain adalah untuk melindungi merek tersebut dari oknum yang tidak bertanggungjawab yang bisa saja mengambil keuntungan dari merek yang belum terdaftar. Contoh sederhananya memakai merek yang sama dengan merek produk yang Anda miliki. Dalam dunia bisnis, hendaknya setiap usaha memiliki nama yang berbeda-beda. Meskipun tidak menutup kemungkinan adanya beberapa nama merek yang sama, namun harus di jenis usaha yang berbeda. Oleh sebab itu, pendaftaran merek dagang sebaiknya Anda lakukan sedari awal memiliki sebuah usaha.

Lalu, apa saja persyaratan berkas apa sajakah yang harus dipersiapkan?

  • Jika Anda mendaftarkan produk langsung ke Dirjen HKI, biasanya di web HKI mencantumkan formulir pendaftaran yang harus Anda isi. Silakan isi dan lengkapi formulir tersebut dengan tepat. Namun jika Anda mendaftarkan merek produk Anda melalui pihak ketiga seperti konsultan merek dagang, Anda cukup mengirim email berisi nama merek yang ingin didaftarkan, jenis produk, nama pendaftar, beserta nomor telepon.
  • Siapkan uang pendaftaran dan berkas-berkas pendaftaran seperti fotokopi KTP pemilik, logo merek, foto produk, hingga NPWP perusahaan jika pendaftar adalah badan usaha.

Proses pendaftaran merek biasanya membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Ketika sudah berhasil, biasanya pendaftar akan mendapatkan nomor pendaftaran beserta stempel resmi dari HKI. Meskipun demikian, untuk penerbitan sertifikat bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Related posts: