Jangan Takut Makan Cokelat

Nicholas   January 6, 2018   Comments Off on Jangan Takut Makan Cokelat

Cokelat adalah makanan yang terbuat dari biji kakao (Theobroma cacao) yang dipanggang lalu digiling. Cokelat umumnya diproduksi dalam bentuk batangan, blok, cairan, atau pasta, dan biasanya memiliki rasa manis dan berwarna coklat. Cokelat telah menjadi salah satu jenis makanan dan perisa yang paling populer di dunia. Kebanyakan orang menyukai cokelat karena rasanya yang sangat lezat dan memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Ada beberapa penelitian terbaru yang membuktikan bahwa coklat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

Berdasarkan sebuah penelitian dari Washington University School of Medicine di St. Louis,  Amerika Serikat, mengkonsumsi cokelat dapat meningkatkan toleransi pada saluran pencernaan dan mengurangi peradangannya karena coklat mengandung tryptophan, yaitu asam amino alfa yang mampu membentuk protein. Penelitian ini menggunakan tikus laboratorium yang steril untuk mengetahui manfaat dari konsumsi protein jenis ini pada tikus sehingga tikus diberi diet protein tinggi. Hasilnya menunjukkan bahwa ada perkembangan sel kekebalan yang mempengaruhi toleransi saluran pencernaan. Hal ini menunjukkan bahwa diet protein tinggi dapat meningkatkan kekebalan tubuh Lactobacillus reuteri yang hidup di saluran pencernaan.

Selain itu, mengonsumsi cokelat, terutama dark chocolate, juga bagus untuk kesehatan jantung. Namun, menurut penelitian dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, cokelat tidak boleh dikonsumsi lebih dari 170 gram per pekan. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis kasus fibrilasi atrium dari 55.502 responden di Denmark. Catatan kesehatan mereka dibandingkan dengan makanan mereka, terutama pada konsumsi cokelat per pekan. Hasilnya menunjukkan bahwa responden yang mengkonsumsi 28,35 gram dark chocolate per pekan memiliki risiko fibrilasi atrium 17 persen lebih rendah. Di sisi lain, responden lain yang mengkonsumsi dark chocolate antara 56,7 sampai 170 gram memiliki risiko jauh lebih rendah yaitu 20 persen. Persentase risiko menurun menjadi 16 persen jika konsumsi dark chocolate meningkat menjadi lebih dari 170 gram per pekan. Jadi, mulai sekarang Anda tak perlu lagi takut mengkonsumsi cokelat. Asalkan Anda mengkonsumsinya tidak secara berlebihan, cokelat memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Related posts: