Jantung Sebagai Organ Penting Manusia Harus Dijaga

Nicholas   April 10, 2018   Comments Off on Jantung Sebagai Organ Penting Manusia Harus Dijaga

Banyak ahli kesehatan jantung yang mementingkan pola konsumsi makanan yang sehat. Hal tersebut untuk dapat mencegah timbulnya penyakit jantung. Meskipun begitu, ternyata untuk menghindari risiko penyakit jantung salah satunya yaitu dengan rajin minum air mineral atau air putih. Kebiasaan yang sederhana ini tanpa sadar bisa ikut andil membantu untuk menjaga kesehatan dari jantung kita.

Minum Air Putih Rajin Mencegah Penyakit Jantung

Jika kita jarang minum, maka tentunya semakin sedikit juga cadangan air dalam tubuh. Air dalam tubuh berguna untuk melarutkan garam yang ada pada darah. Maka jika darah kita mengandung garam dalam jumlah banyak, akan membuat kandungan darah menjadi sangat kental. Akibat dari hal tersebut, secara keseluruhan volume darah akan semakin berkurang.

Selanjutnya jika volume darah keseluruhan menurun, maka ketika organ jantung memompa kandungan darah yang segar selanjutnya, darah yang disalurkan tidak sebanyak kandungan darah segar yang seharusnya disalurkan. Lalu jantung akan bekerja memompa darah lebih keras lagi agar bisa menutupi kurangnya darah tersebut. Nah, itu sebabnya jika dehidrasi sering ditandai jantung yang sering berdebar kencang.

Pada jangka panjang, jantung yang terus-terusan bekerja keras dapat mengalami beberapa gangguan. Asupan dari air mineral atau air putih secara teratur bisa membantu untuk membilas garam yang berlebih dalam kandungan darah. Hal tersebut untuk membuang kelebihan garam tersebut melalui ekskresi urine.

Pedoman pada umumnya kita harus mengonsumsi air mineral atau air putih 8 gelas pada setiap harinya, standar ini bisa diperbanyak atau dikurangi tergantung pada kondisi orang. Jika kita sering beraktivitas atau berolahraga maka asupan konsumsi air putih atau air mineral harus lebih banyak.

Tetapi jumlah harus dipertimbangkan dari sumber air atau cairan dalam tubuh yang lainnya, seperti konsumsi jus buah, makanan yang berkuah, atau juga sayuran dan buah segar. Jika kita bisa memenuhi kebutuhan akan cairan dari sumber air sehat selain air mineral atau air putih, maka kita bisa mengurangi porsi konsumsi air putih.

Related posts: