Kekurangan Tata Kelola Pengolahan Kelapa Sawit

Nicholas   June 23, 2018   Comments Off on Kekurangan Tata Kelola Pengolahan Kelapa Sawit

Seperti halnya usaha lainnya, usaha pengolahan kelapa sawit juga memiliki kekurangan dalam hal tata kelola usaha tersebut. Meski demikian saat tata kelola yang ada terus diupayakan kesempurnaannya. Tata kelola industri pengolahan kelapa sawit dibuat oleh pemerintah. Arif Rachmat Triputra Agro Persada adalah salah satu perusahaan pengelolaan kelapa sawit yang telah memenuhi tata kelola pengolahan kelapa sawit yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kekurangan Tata Kelola Pengolahan Kelapa Sawit Yang Harus Anda Ketahui

Telah Anda ketahui tentunya, bisnis pengolahan kelapa sawit merupakan salah satu bisnis yang sangat mempengaruhi perekonomian negara. Hal tersebut dikarenakan bisnis pengolahan kelapa sawit mampu menghasilkan devisa dari kegiatan impor serta mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang tidak sedikit. Arif Rachmat Triputra Agro Persada juga memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka bisnis kelapa sawit. Melihat pentingnya dan posisi strategis usaha pengolahan kelapa sawit ini maka pemerintah menerapkan tata kelola bagi industri pengolahan kelapa sawit. Berikut ini adalah kekurangan pada tata kelola pengolahan kelapa sawit yang harus Anda ketahui:

  • Belum dioptimalkannya penarikan pajak

Salah satu kekurangan dari tata kelola perindustrian pengolahan kelapa sawit ialah belum dioptimalkannya penarikan pajak industri pengolahan kelapa sawit tersebut. Padahal apabila dirjen pajak mampu mengoptimalkan pengelolaan penarikan pajak pada industri maka Negara akan banyak diuntungkan karena mendapat tambahan penghasilan dari pajak usaha tersebut.

  • Belum terkendalinya biaya penarikan kegiatan ekspor produk olahan kelapa sawit

Selanjutnya kelemahan dari tata kelola industri pengolahan kelapa sawit ialah pemerintah belum mengendalikan sepenuhnya biaya penarikan kegiatan ekspor produk tersebut. Akibatnya keuntungan yang didapatkan pun lebih kecil. Serta adanya potensi untuk pungutan liar bagi para pengusaha eksportir kelapa sawit.

  • Sistem perijinan masih belum terkendali secara sempurna

Kemudian kelemahan lain dari tata kelola industri pengolahan kelapa sawit ini adalah sistem perijinan yang belum terkendali secara sepenuhnya oleh pemerintah. Akibatnya ada perusahaan yang memenuhi semua syarat perizinan dan ada pula yang tidak. Hal tersebut dikarenakan masih kurang tegasnya perizinan.

Demikianlah beberapa kekurangan tata kelola pada industri olahan kelapa sawit yang harus Anda ketahui. Bagi Anda yang ingin melihat perusahaan dengan tata kelola usaha yang baik maka Anda dapat mengunjungi Arif Rachmat Triputra Agro Persada. Semoga bermanfaat.

Related posts: