Kelebihan Dan Proses Pembuatan Plakat Akrilik

Nicholas   April 17, 2018   Comments Off on Kelebihan Dan Proses Pembuatan Plakat Akrilik

Selain plakat resin, plakat akrilik juga banyak dipesan sebagai hadiah baik dalam acara formal atau non formal. Biasanya plakat ini terbuat dari bahan dasar acrylic bening (transparan). Acrylic merupakan senyawa yang berasal dari asam acrylic (acrylic acid). Selain transparan, ada juga acrylic warna solid, semi opaque, anti pantul cahaya, satin frosted, dan pigmented fluorescent bisa dibaca di pusatplakat.

Penggunaan plakat akrilik ini biasanya bisa ditemukan di kehidupan sehari-hari seperti: name tag pada meja teller bank atau CS (Customer Service), tempat meletakkan brosur, dan beberapa logo ornamen. Akrilik merupakan bahan yang apabila dipanaskan dia bersifat cair. Acrylic ini dikembangkan oleh Rohm dan Haas Company pada tahun 1933.

Kelebihan Plakat Akrilik

Banyak sekali keunggulan dari plakat akrilik, diantaranya : lebih ringan dari kaca, tidak mudah pecah, tidak bereaksi dengan sinar matahari, tahan terhadap suhu diatas 37 derajat Celsius, dapat didaur ulang, tahan terhadap beberapa reaksi kimia, ramah lingkungan, tidak toxic (beracun), mudah dirawat dan dibersihkan, tidak mudah mengerut, cocok digunakan untuk diluar dan di dalam, serta tidak berubah warna saat terpapar sinar matahari. Karena banyak sekali keunggulan dari bahan akrilik tidak heran kenapa plakat akrilik ini menjadi salah satu primadona di kalangan masyarakat. pusatplakat.

Cara Pembuatan Plakat Akrilik

Sebenarnya proses pembuatan plakat akrilik menggunakan mesin khusus, akan tetapi bukan berarti tidak bisa dibuat dengan cara manual.

  1. Tahap pertama yakni pemotongan sebagai bentuk dasar plakat. Pemotongan akrilik manual memiliki dua jenis yakni dengan menggunakan cutter atau gergaji. Sedangkan yang otomatis dengan menggunakan mesin laser.
  2. Tahap selanjutnya ialah tahap menggambar, menulis, dan mewarnai. Pada tahapan ini terdapat 2 kelompok yakni kelompok 2 dimensi dan 3 dimensi. Pada kelompok 2 dimensi, teknik pembuatannya memiliki 2 cara yakni teknik sablon dan teknik printing. Gambar dan tulisan dua dimensi dapat dibuat gradasi. Sedangkan untuk gambar 3 dimensi menggunakan mesin grafis.
  3. Tahapan terakhir merupakan tahap finishing. Tahap ini meliputi proses penghalusan dan pemolesan.

Info lanjut baca di http://www.pusatplakat.biz.

Related posts: