Kemuliaan Bangsa Hijaz Hingga Menjadi Tempat Nubuwwah

Nicholas   March 23, 2018   Comments Off on Kemuliaan Bangsa Hijaz Hingga Menjadi Tempat Nubuwwah

Jika Kita melihat sejarah Islam, khususnya dalam artikel Islam bidang sejarah maka mungkin Anda akan bertanya tentang mengapa kenabian akhir zaman justru muncul di jazirah Saudi Arabia tepatnya di wilayah Hijaz. Allah tentunya sudah memperhitungkan hal tersebut dengan pertimbangan yang matang sehingga Islam bisa berkembang dengan baik dan besar seperti saat ini.

Ada beberapa alasan yang menjadikan jazirah Saudi Arabia menjadi tempat yang strategis untuk menjadi tempat kenabian akhir zaman dalam Islam. Padahal pada saat itu Saudi Arabia terkenal dengan zaman jahiliahnya sehingga membuat Kita akan mengira Islam datang untuk melepaskan mereka dari kebodohan yang dialami. Meski mungkin betul, namun sebenarnya ada alasan lainnya tentang mengapa wilayah Hijaz Saudi Arabia yang dipilih.

Beberapa Alasan Saudi Arabia Hijaz Menjadi Tempat Nubuwwah Yang Terakhir

Seperti yang Kita ketahui dalam artikel Islam bahwa Nabi Muhammad SAW dilahirkan di kota Makkah. Hal ini menjadi satu tanda bahwa kota tersebut memang memiliki keistimewaan tersendiri meskipun pada mulanya kota ini terkenal sebagai wilayah yang gersang dan tandus.

  • Belum pernah dijajah

Wilayah Hijaz merupakan wilayah yang tak memiliki potensi apa pun. Selain itu wilayah ini memiliki suku yang suka untuk berperang satu sama lain. Hal ini menjadikan para penjajah enggan untuk menjajah wilayah ini. Dampaknya pun bagus yaitu mereka memiliki masyarakat yang kuat dan percaya diri sehingga terhindar dari rasa kurang percaya diri.

  • Warisan budaya kesusastraan

Kemudian alasan yang kedua adalah karena mereka memiliki warisan budaya kesusastraan yang harus dijaga dengan baik. Sudah menjadi satu kebiasaan bagi orang Arab untuk mengabadikan segala sesuatunya dengan cara membuatnya menjadi syair. Dan hal itu menjadi warisan budaya yang tiada duanya yang harus dilestarikan oleh masyarakat Arab sendiri.

  • Masjid tertua di muka bumi

Kemudian alasan yang terakhir adalah dimana di wilayah tersebut berdiri sebuah bangunan masjid atau baitullah yang Kita sebut sebagai Ka’bah. Meskipun Kita tahu pada masa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail sudah mulai dijalankan ibadah haji. Dan hal itu masih berjalan¬† dengan baik hingga masa keemasan Nabi Muhammad SAW. Sayangnya pada saat itu Ka’bah justru lebih banyak diisi dengan berbagai jenis patung. Informasi lebih lengkap bisa Anda lihat di https://www.hijaz.id.

Related posts: