Keunikan Lagu Daerah

Nicholas   March 11, 2018   Comments Off on Keunikan Lagu Daerah

Indonesia adalah negara memiliki wilayah yang sangat luas. Di dalamnya terdapat gugusan pulau yang dipisahkan oleh laut. Sehingga, pembagian wilayah di Indonesia dibedakan atas provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa. Masyarakat Indonesia tentunya wajib mengisi nama provinsi jika menulis alamat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pencarian. Provinsi yang ada di Indonesia berjumlah 33 mulai dari Sabang hingga Merauke. Provinsi ini terbagi dalam beberapa pulau yaitu pulau Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, dan Papua. Provinsi di Indonesia ini tentunya memiliki ciri khas masing-masing contohnya lagu daerah.

Apa Keunikan Lagu-Lagu Daerah Indonesia?

Lagu daerah tentunya menciri khaskan suatu daerah. Bahasa dan logatnya pun menyesuaikan daerah masing-masing. Sehingga masyarakat daerah lain akan kesulitan menyanyikan lagu yang bukan dari daerahnya. Selain itu, lagu khas daerah juga memiliki karakteristik masing-masing. Namun terdapat keunikan yang dimiliki hampir seluruh lagu khas daerah, yaitu sebagai berikut:

  1. Bersifat kedaerahan

Sifat kedaerahan yang dimaksud adalah syair dan dialek yang menggunakan khas dari daerah masing-masing. Contohnya, dialek bahasa Jawa pada lagu gundul-gundul pacul yang dibaca gundol-gundol pacol, huruf U yang dibaca seolah-olah menjadi huruf O.

  1. Bersifat sederhana

Lagu-lagu dari daerah menggunakan bahasa yang sederhana sesuai dengan bahasa daerah yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tema-tema lagu dari daerah juga cukup sederhana. Selain itu, melodi dan cara bernyanyi juga tidak rumit dan dikuasai oleh masyarakat setempat.

  1. Bersifat turun temurun

Lagu daerah biasanya ada sejak masyarakat itu ada di suatu daerah dan bersifat tradisional. Lagu ini disampaikan turun-temurun kepada generasinya secara lisan dan spontan, contohnya ketika orang tua memberikan nasehat untuk anak.

  1. Jarang diketahui penciptanya

Lagu yang sifatnya turun-temurun, tidak tertulis menyebabkan lagu khas daerah tidak diketahui secara pasti siapa penciptanya.

Itulah beberapa keunikan yang dimiliki hampir semua lagu-lagu dari daerah di Indonesia. Namun, walaupun lagu khas daerah jarang diketahui penciptanya, lagu-lagu ini sudah meng-Indonesia. Sebagai contoh, masyarakat Jawa mengerti lagu dari daerah Padang, Aceh maupun Papua.

Related posts: