Kisah Mengerikan Dibalik Pesatnya Bisnis Kelapa Sawit

Alabama   February 10, 2018   Comments Off on Kisah Mengerikan Dibalik Pesatnya Bisnis Kelapa Sawit

Indonesia merupakan surga dunia yang Tuhan karuniakan kepada masyarakat Indonesia. tanahnya yang subur dengan berbagai kekayaan alam dan laut memang harus kita syukuri. Belum lagi hutan tropis yang luas dan sangat hijau. Sayangnya, jutaan hektar hutan Indonesia telah beralih fungsi menjadi lahan perkebunan kelapa sawit, salah satunya milik PT Triputra Agro Persada. Indonesia merupakan Negara yang menghasilkan kelapa sawit terbesar di dunia. Sayangnya, hal tersebut harus dibayar mahal dengan rusaknya alam Indonesia.

Fakta Mengerikan Dibalik Pesatnya Bisnis Kelapa Sawit

Setiap tahunnya, jumlah luas hutan di Indonesia semakin menyempit karena dibuka dan dibakar untuk keperluan perkebunan. Hutan yang tadinya menjadi tempat hidup banyak satwa, beralih fungsi menjadi lahan perkebunan kelapa sawit yang tidak bisa dihuni oleh hewan-hewan. Masyarakat sekitar yang tadinya mengandalkan hutan untuk hidup juga semakin tersingkir karena hilangnya hutan mereka. Banyak perusahaan kelapa sawit, seperti PT Triputra Agro Persada, yang bekerja sama dengan pemerintah untuk mengalihfungsikan hutan menjadi kebun kelapa sawit. Berikut ini fakta mengerikan dibalik pesatnya bisnis kelapa sawit di Indonesia.

  1. Kerusakan alam

Membuka hutan menjadi lahan terbuka berarti harus menebang semua pohon yang ada didalamnya. Ada ratusan bahkan ribuan pohon dan tanaman lainnya yang akan dibabat habis hanya untuk membuka lahan kelapa sawit. Belum lagi ratusan jenis hewan yang akan kehilangan tempat tinggal mereka.

  1. Hilangnya unsur hara dan air tanah

Bukan hanya hewan dan tumbuhan saja yang hilang, unsur hara tanah yang tadinya subur juga akan menghilang. Begitu pula dengan cadangan air tanah yang tadinya melimpah berubah menjadi kering karena tidak ada pohon yang menghasilkannya. Alhasil tanah di sekitar akan gersang dan tidak subur.

  1. Penikmat keuntungan

Setelah kerusakan alam yang pastinya akan sangat dirasakan oleh masyarakat sekitar, keuntungan yang didapat dari pendirian perusahaan kelapa sawit hanyalah orang-orang kaya. Masyarakat sekitar hanya akan menjadi buruh perkebunan dengan gaji yang tak seberapa. Semoga saja perusahaan semacam PT Triputra Agro Persada tidak melakukan hal demikian.