Komplikasi Penyakit Yang Mungkin Muncul Akibat Kanker Serviks

Nicholas   May 22, 2018   Comments Off on Komplikasi Penyakit Yang Mungkin Muncul Akibat Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan kanker yang mengincar keselamatan wanita. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 40.000 wanita yang terserang penyakit berbahaya ini. Ciri-ciri kanker serviks pada tahap awal memang tidak terasa sama sekali. Terlebih pertumbuhan kanker di serviks memakan waktu hingga bertahun-tahun. Hal tersebut membuat banyak penderita kanker serviks lalai untuk melakukan pengecekan ke dokter sejak awal. Selain itu, kurangnya pemahaman bahaya kanker serviks pada wanita Indonesia juga menjadi salah satu penyebab banyaknya kasus kanker serviks di Indonesia.

Komplikasi Penyakit Akibat Kanker Serviks

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ciri-ciri kanker serviks pada tahap awal tidak muncul secara signifikan. Bahkan banyak kasus yang tidak menunjukkan gejala apapun. Hal tersebut membuat banyak penderita yang baru melakukan perawatan ketika kanker serviks sudah memasuki tahap lanjutan. Kanker serviks yang sudah memasuki stadium serius biasanya akan menyebabkan komplikasi penyakit lain pada tubuh penderita. Lebih dari itu, pengobatan kanker serviks stadium lanjut juga memberikan efek samping yang akan berakhir pada komplikasi penyakit lain. Berikut beberapa komplikasi penyakit akibat kanker serviks.

  1. Gagal ginjal

Gagal ginjal merupakan tidak berfungsinya ginjal dalam melakukan tugas sebagaimana mestinya. Gagal ginjal dapat disebabkan karena sel kanker stadium lanjut pada serviks menekan saluran kencing (ureter) sehingga menghalangi urine yang seharunya keluar dari tubuh. jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus, ureter akan membengkak dan ginjal mengalami kegagalan fungsi.

  1. Penggumpalan darah

Salah satu efek dari kanker yang menyerang tubuh adalah darah akan menjadi lebih padat dan gumpal dari biasanya. Keadaan ini tentu saja sangat berbahaya bagi tubuh karena akan mempengaruhi aliran darah yang seharusnya mengalir ke seluruh tubuh.

  1. Gangguan pada limfa

Limfa berfungsi membuang cairan berlebih yang tidak digunakan di dalam tubuh. Ciri-ciri kanker serviks stadium lanjut adalah kerusakan pada organ limfa akibat pertumbuhan sel kanker yang semakin tidak terkontrol. Cairan lebihan yang seharusnya dibuang dari tubuh, tetap mengendap akibat kerusakan pada organ limfa. Hal tersebut dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki maupun anggota tubuh lainnya.

Related posts: