Mimisan Pada Anak, Bahaya Atau Tidak?

Nicholas   October 1, 2018   Comments Off on Mimisan Pada Anak, Bahaya Atau Tidak?

Berbicara tentang anak, setiap orang tua pasti selalu menginginkan yang terbaik untuk anak. Melihat anak sakit, pasti orang tua akan kebingungan dan mencari seribu cara untuk mencari obatnya. Jangankan sakit, anak terjatuh pun pasti orang tua sudah sangat khawatir. Selepas jatuh, hal yang biasanya terjadi pada anak adalah mimisan. Pernahkah anak Anda mengalami hal demikian? Upaya apa yang harus dilakukan? Apakah berbahaya bagi anak? Simak ulasan berikut.

Mimisan pada anak memang sering terjadi. Hal ini disebabkan pembuluh darah pada hidung anak yang lebih rentan dibandingkan dengan orang dewasa. Terjatuh dan terbentur adalah hal yang paling sering memicu anak mengalami mimisan. Sebagai orang awam, terkadang banyak orang tua yang sangat meresahkan hal tersebut. Namun, sebenarnya mimisan pada anak adalah hal yang wajar asalkan tidak melebihi batas normal. Bagaimana ciri-ciri mimisan pada anak yang sudah tidak normal?

Ciri-Ciri Mimisan Yang Berbahaya

Berikut adalah beberapa gejala mimisan yang patut diwaspadai, diantaranya adalah:

  • Anak di bawah usia 2 tahun

Mimisan pada anak yang berusia kurang dari 2 tahun adalah hal yang tidak wajar. Anda perlu mewaspadainya, jika perlu, periksakan pada dokter agar lebih jelas.

  • Mimisan berlangsung lama dan sangat banyak

Darah yang keluar dari hidung terus-menerus melebihi 20 menit adalah hal yang tidak wajar. Anda harus segera memeriksakan ke fasilitas kesehatan terdekat. Takutnya, Anak kekurangan darah karena darah yang keluar dari hidung terlalu banyak dalam waktu yang lama.

  • Sesak nafas

Jika anak ketika mimisan juga mengalami sesak nafas dan jantung berdebar-debar, harus segera dilarikan ke rumah sakit. Takutnya, darah yang keluar dari hidung akan tersendat, karena ketika anak mengalami sesak nafas, bisa saja masuk ke dalam saluran pernafasan.

  • Darah mimisan tidak sengaja tertelan

Pada beberapa kasus, mimisan yang terlalu banyak biasanya tidak sengaja tertelan oleh anak. Terlebih lagi jika anak disertai menangis. Darah mimisan yang tertahan sangat tidak baik bagi pencernaan dan bisa menyebabkan muntah-muntah.

Related posts: