Musim Hujan Tetap Sehat

Nicholas   March 2, 2018   Comments Off on Musim Hujan Tetap Sehat

Cuaca memang bukan hal yang bisa dikontrol oleh setiap orang. Hal ini bisa dilihat dari pergeseran musim hujan dari yang semula biasa dari Oktober sampai April kini bahkan di bulan Agustus pun kita masih mengalami musim penghujan. Curah hujan yang tinggi dan semua perubahan cuaca selama musim hujan memang banyak berpengaruh pada kesehatan seseorang. Tubuh menjadi rentan terkena beberapa penyakit dan di sela aktivitas padat, tubuh menjadi lebih mudah lelah. Apalagi jika sampai kehujanan dan tidak bergegas untuk merapikan diri, hal ini sangat memacu terserangnya penyakit yang lazim menyerang manusia selama musim dingin yaitu batuk dan flu. Baju dan alas kaki yang basah memang tidak baik untuk dibiarkan lama. Intinya, selagi musim hujan datang, kesehatan tetap menjadi salah satu faktor penting yang tidak boleh dianggap remeh.

Tetap Fit Di Musim Hujan

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap fit di tengah cuaca ekstrem. Dengan meminum air putih setiap hari sangat baik untuk mencegah tubuh terkena dehidrasi. Jika selama musim hujan minum air dingin agak menyiksa, mengganti air minum dengan air hangat untuk beberapa orang memang melegakan. Selain itu, menambah asupan buah dan sayur yang kaya vitamin C sebagai anti radikal bebas juga sangat membantu sebagai tameng perlawanan tubuh di tengah cuaca yang kurang bersahabat ini. Tentu saja, setiap orang juga harus menjaga pola konsumsi yang seimbang untuk mempertahankan suhu tubuh dan memastikan ada energi cukup yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tak hanya itu saja, di saat musim dingin, sangat disarankan juga untuk setiap orang menjaga cara berpakaian yang dipilih. Menggunakan pakaian tebal dan panjang akan membantu mempertahankan suhu tubuh dan mencegah hawa dingin menyerang tulang. Selain itu, jika tubuh terkena air hujan ada baiknya segera mandi dengan air hangat dan mengganti pakaian kering agar tidak masuk angin. Nah, bila di tengah cuaca yang kurang mendukung tubuh tidak fit, membiarkan diri untuk beristirahat lebih tentu menjadi pilihan agar tidak terlalu terforsir.

Related posts: