Peluang Usaha : Importir Barang China

Nicholas   May 24, 2018   Comments Off on Peluang Usaha : Importir Barang China

Akhir-akhir ini bisnis importir barang dari China menjadi primadona bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia usaha ataupun para pengusaha muda. Barang-barang dari China sekarang ini memang sedang banyak dicari, pasalnya kualitas barang-barang pabrikan China sekarang ini tidak kalah jika dibandingkan dengan brand-brand ternama. Selain kualitas yang bisa diadu harga barang-barang asal China jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga brand-brand ternama.

Memilih Penjual

Strategi pertama jika Anda ingin menjadi importir barang-barang China yang sukses adalah Anda harus paham tipe-tipe penjual yang akan menjadi mitra importir Anda. Terdapat beberapa jenis pedagang yang masing-masingnya memiliki karakter masing-masing, dan informasi mengenai jenis dan karakter ini bisa membantu Anda dalam memulai usaha.

  1. Pedagang Kapasitas Kecil (Retail)

Jenis mitra bisnis yang pertama adalah pedagang retail. Keunggulan belanja ke pedagang retail adalah Anda bisa membeli barang dalam jumlah satuan, sehingga Anda bisa memulai bisnis importir Anda dengan modal yang sedikit.

  1. Pedagang Kapasitas Besar (Grosir)

Berbeda dengan pedagang retail, jika Anda berbelanja ke pedagang grosir maka terdapat minimal belanja, misalnya Anda harus berbelanja minimal 10 lusin. Akan tetapi dengan berbelanja dalam jumlah yang lebih besar, harga satuan menjadi lebih murah, akan tetapi Anda harus menyediakan modal yang lebih besar pula.

  1. Produsen

Selain bermitra dengan pedagang, Anda juga bisa bermitra dengan produsen barang tersebut secara langsung. Bermitra langsung dengan produsen akan menguntungkan Anda karena harga satuan menjadi sangat murah jika dibandingkan membeli ke penjual. Akan tetapi membeli ke produsen butuh modal yang lebih besar, karena Anda tidak lagi membeli dalam jumlah lusinan tetapi bisa mencapai ribuan.

Mengurus Perizinan

Setelah Anda menganalisa modal dan pasar kemudian menentukan mitra bisnis Anda maka yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengurus perizinan. Pertama Anda harus mengajukan perizinan ke dinas perindustrian dan perdagangan provinsi. Setelah meminta perizinan ke kepala dinas setingkat provinsi selanjutnya Anda diharuskan mengurus administrasi kepabeanan di badan koordinasi penanaman modal (BKPM).

Related posts: