Pengolahan Ampas Tahu Untuk Pakan Ternak

Nicholas   January 10, 2018   Comments Off on Pengolahan Ampas Tahu Untuk Pakan Ternak

Melakukan usaha apapun diperlukan perencanaan yang maksimal, bisa melihat potensi yang ada di sekitar. Sekarang ini banyak limbah-limbah pangan yang kurang ekonomis manfaatnya seperti ampas tahu, bisa dijadikan solusi untuk pangan ternak kambing tanpa ngarit rumput hijau. Dengan memanfaatkan limbah dapat membantu juga para produsen tahu yang cukup sulit menanggulangi limbah-limbah tersebut. Tetapi ampas tahu ini memiliki kandungan air yang cuku tinggi sehingga akan mudah busuk jika dibiarkan dan tidak bisa maksimal untuk digunakan sebagai pakan ternak.

Cara Pengolahan Ampas Tahu Sebagai Solusi Ternak Kambing Tanpa Ngarit

Ampas tahu memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang dapat bermanfaat baik jika digunakan untuk pakan hewan ternak. Tetapi ampas tahu juga memiliki kadar air yang tinggi, hal ini dapat membuat ampas tahu cepat membusuk dan juga berjamur jika disimpan. Sehingga diperlukan cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara dibuat tepung yang bisa dijemur atau pengeringan sinar matahari atau bisa juga dengan oven suhu 45 sampai 50°C, yang kemudian digiling hingga menjadi tepung. Ternak kambing tanpa ngarit rumput hijau bisa diatasi dengan menggunakan ampas tahu ini yang penyimpanannya dibuat tepung terlebih dulu. Adapun cara lain yaitu dengan silase, ampas tahu dikurangi kadar airnya dengan cara dipres sampai kadar airnya mencapai kurang lebih 70%. Kemudian disimpan pada ruang yang kedap udara atau plastik dan ditutup rapat agar udara tidak bisa masuk. Pengawetan dengan cara tersebut bisa mengawetkan ampas tahu selama 5 hingga 6 bulan yang bisa dicampur dengan pakan ternak lainnya.

Proses fermentasi ampas tahu dapat mengecilkan partikel sehingga akan menambah nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Bahan pangan yang telah mengalami proses fermentasi akan memiliki kandungan gizi yang lebih baik dari bahan baku pangan tersebut. ampas tahu dan ragi akan menurunkan kandungan serat kasar dari ampas tahu sehingga lebih nyaman untuk pencernaan kambing. Sehingga bagi peternak tidak ada salahnya memanfaatkan ampas tahu sebagai pangan ternak kambing tanpa ngarit rumput yang terkadang sulit didapatkan karena berbagai alasan.

Related posts: