Proses Awal Sebelum Pemeriksaan Jantung Dilakukan

Alabama   May 14, 2018   Comments Off on Proses Awal Sebelum Pemeriksaan Jantung Dilakukan

Penyakit jantung dikenal sebagai jenis penyakit yang mematikan. Pada kebanyakan negara berkembang penyakit ini bahkan terhitung sebagai penyakit mematikan pertama. Pemeriksaan jantung umum dilakukan pada setiap pasien yang datang ke rumah sakit demi mengetahui apakah pasien memiliki resiko penyakit jantung atau tidak dalam kesehatannya.

Sebelum itu biasanya dokter ahli jantung dan pembuluh darah akan melakukan beberapa pemeriksaan awal yang mana akan sangat bermanfaat untuk hasil pemeriksaan yang jauh lebih akurat dan terpercaya. Dalam artikel berikut ini Kami akan membahas tentang beberapa jenis pemeriksaan yang bisa dilakukan dengan menggunakan diagnosa dokter ahli jantung terlebih dahulu.

Beberapa Proses Awal Untuk Pemeriksaan Jantung Yang Dilakukan Dokter

Ada beberapa proses awal yang umumnya dilakukan oleh seorang dokter ahli jantung dan pembuluh darah saat akan melakukan pemeriksaan jantung. Hal itu dilakukan demi mendapatkan pemeriksaan yang lebih menyeluruh dan lengkap dalam kesehatan pasien mereka. Berikut adalah tahapan proses awal dari pemeriksaan untuk kesehatan jantung.

  • Riwayat pasien

Sebelum melakukan pemeriksaan dengan menggunakan peralatan khusus, dokter jantung akan bertanya kepada keluarga pasien tentang riwayat penyakit jantung yang ada dalam keluarganya. Karena penyakit jantung termasuk jenis penyakit yang bisa diturunkan sehingga besar kemungkinan akan terjadi pada keluarga yang memang mengidapnya.

  • Tekanan darah dan detak jantung

Kemudian setelah itu dokter akan melakukan pemeriksaan tekanan darah dan detak jantung pasien dengan menggunakan peralatan standar. Ini juga biasa dilakukan jika Kita melakukan pemeriksaan biasa dalam penyakit lainnya. Dari hal ini Kita akan mengetahui berapa tekanan darah Kita dan apakah detak jantung Kita normal atau tidak.

  • Ambil sampel darah

Terakhir akan dilakukan proses pengambilan sampel darah pasien guna diuji lebih lanjut di laboratorium rumah sakit. Dari hal ini akan diketahui berapa kadar kolesterol dan kadar protein C-reaktif yang ada dalam darah pasien sehingga bisa dipertimbangkan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan ataukah tidak. Banyak pasien yang awalnya tak memiliki gejala penyakit jantung namun kemudian harus melakukan pemeriksaan lanjutan karena ternyata hasil pemeriksaan menunjukkan adanya gejala penyakit jantung yang tak terlihat. Demikian ulasan singkat tentang proses awal dari pemeriksaan jantung yang dilakukan oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah.