Tahap Perkembangan Janin Trimester Kedua

Nicholas   February 14, 2018   Comments Off on Tahap Perkembangan Janin Trimester Kedua

Artikel kali ini akan membahas tentang tahap perkembangan janin dalam kandungan ibu pada trimester kedua usia 4, 5, 6 bulan yang semakin pesat dan berbagai perubahan fisik yang nantinya dialami. Langsung saja berikut tahap perkembangan bayi di dalam rahim pada trimester kedua.

Tahapan Dari Perkembangan Janin Pada Trimester Kedua

  • Pertumbuhan janin usia 4 bulan

Ditandai dengan pergerakan janin yang semakin aktif walau Anda belum bisa merasakannya. Pada awal tahap pertumbuhan janin trimester kedua ini hormon kehamilan mulai aktif.

Minggu ketiga dari pertumbuhan janin trimester kedua ini, bayi telah mempunyai lapisan kulit transparan dan rambut serta alis mata. Mata dan telinga makin terbentuk berikut tulang dan sumsum.

Pada usia kehamilan minggu ke-18 kemungkinan Anda dapat merasakan tanda-tanda awal kehidupan di dalam kandungan. Pendengaran bayi membaik dan mampu mendengar dengan samar-samar. Ototnya bergerak dengan refleks dan ginjalnya telah memproduksi urine. Proses lainnya adalah terbentuk lapisan lemak dan rambut halus untuk melindungi kulit tipisnya.

  • Pertumbuhan janin usia 5 bulan

Perkembangan janin berikutnya pada usia 5 bulan adalah panjang bayi yang tumbuh sekitar 20 cm dan berat sekitar 300 gram. Mata bayi mulai sensitif pada cahaya dan dia dapat menunjukkan beragam ekspresi.

Lapisan lemak yang menjaga kehangatan tubuh dan memberi tenaga pun semakin terbentuk. Syaraf otaknya telah terhubung ke telinga dan telah mencapai posisi akhir pada tengkorak. Bayi mampu mendengarkan detak jantung dan bunyi perut keroncongan Anda.

  • Pertumbuhan janin usia 6 bulan

Pada tahap ini Anda telah melalui 2/3 perjalanan menuju proses persalinan. Berat bayi usia 6 bulan kandungan hingga 1 kg dengan panjang kira-kira 35 cm. Pada tahap ini organ dan sistem imun yang dimiliki bayi hampir sempurna dan terus bekerja dengan keras agar terbentuk sempurna dan siap ketika persalinan.

Panjang tubuhnya telah tumbuh tiga hingga empat kali dari akhir trimester pertama. Bila bayi Anda dilahirkan pada tahap usia ini, kemungkinan dia nantinya bisa bertahan hidup dengan memperoleh perawatan khusus.

Demikian pembahasan tentang tahap perkembangan untuk janin dalam rahim ibu pada trimester kedua usia 4, 5, 6 bulan, semoga situs https://www.panduanbayi.com bisa benar-benar bermanfaat.

Related posts: